Thursday, June 6, 2013



Hari ini saya akan posting tentang Industri Bordir Tasikmalaya yang dimana Bordir ini merupakan salah satu kerajinan Khas Kota Tasikmalaya yang perkembangnya sangat pesat.
Dengan adanya Industri Bordir ini mampu membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Daerah yang di kenal sebagai sentra Industri Bordir Tasikmalaya terdapat di Kecamatan Kawalu yaitu Desa Tanjung, Karsamenak, Cibeuti, Cilamajang, Talagasari, Gunung Tandala, Karang Anyar dan Karikil.

Dengan adanya dukungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, para pengusaha bordir mendapatkan lokasi di Pasar Tanah Abang Jakarta sebagai pusat penjualan Bordir Khas dari Tasikmalaya. Selain itu pula, pemasarannya ke Pasar Baru Bandung, Pasar Tegal Gubug Cirebon, Pasar Turi Surabaya, Pasar Klewer Solo, Yogyakarta, Bali, Lombok, Manado, Ujung Pandang, Banjarmasin,Palembang, Riau, Pulau Batam, Makasar, Pontianak dan lain-lain.

Bordir Tasikmalaya juga telah menembus pasar Internasional. Di antaranya di ekspor ke Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Saudi Arabia, Negara-negara Timur Tengah, Mesir, dan Afrika. Meluasnya pasar bordir tidak terlepas dari harga Bordir Tasikmalaya yang relatif murah, namun kualitasnya cukup bagus dan bisa diandalkan.

Jenis-jenis Bordir Tasikmalaya sangat banyak mulai dari mukena,kerudung,baju koko,dll. Dan berikut gambar dari Bordir Tasikmalaya:
 





Proses pembuatan Bordir Tasikmalaya ada beberapa tahap yang harus dikerjakan sebelum benar-benar menjadi sebuah produk bordir, berikut adalah bahan-bahan untuk produksi Bordiran Tasikmalaya: 
  1. Kain.
  2. Stempel motif atau disebut juga dengan ceplokan (Untuk proses manual menggunakan mesin juki).
  3. Disket atau Flasdisk yang didalamnya sudah ada motif bordiran (Untuk proses menggunakan mesin komputer bordir).
  4. Benang
  5. Mesin Juki (Untuk pembuatan bordiran secara manual) 
  6. Mesin Komputer Bordir.
  7. Mesih Jahit (untuk menjahit).
  8. Solder (Untuk menyolder bagian yang tidak diperlukan).
Berikut adalah proses pembuatan Bordir Tasikmalaya:
  1. Memotong kain untuk menentukan ukuran.
  2. Menandai kain yang sudah ditentukan ukurannya dengan stempel motif bordir, ini untuk proses pembuatan secara manual,Sedangkan untuk proses dengan mesin komputer bordir tidak perlu ditandai dengan stempel motif cukup dengan memasukan program motif kedalam komputer bordir.
  3. Kemudian proses pembuatan motif . Dalam pembuatan motif ini bisa dilakukan dengan cara memakai mesin juki atau disebut juga proses pembuatan manual,dalam proses manual ini disini membutuhkan pekerja yang sangat teliti dan cekatan untuk menghasilkan motif yang bagus dan indah,biasanya proses pembuatan manual ini  membutuhkan waktu 2 hari untuk menyelesaikannya.Sedangkan dengan menggunakan mesin komputer bordir membutuhkan watuk 12-15 jam untuk menyelesaikannya.
  4.  Selesai memberi motif lalu tahap selanjutnya adalah menjahit. Dalam proses menjahit ini juga butuh pegawai yang teliti dikarenakan jiga tidak teliti maka hasil nya akan tidak bagus atau jelek,biasanya proses menjahit ini membutuhkan kurang lebih 30 menit/1 produk.
  5. Meskipun sudah jadi 1 produk ini belum bisa dipasarkan. dikarenakan harus di solder dulu bagian yang tidak penting dan juga harus di cuci supaya bersih.
  6. Setelah selesai melalui proses yang ke 5 produk ini harus dulu di bungkus dengan plastik yang sudah ada nama perusahaannya. fungsi di bungkus dengan plastik supaya tidak kotor lagi.Kalau sudah bungkus produk siap untuk di pasarkan.


Jika anda berlibur atau melakukan meeting dengan klien  Tasikmalaya dan membutuhkan penginapan atau tempat meeting saya rekomendasikan anda untuk memilih Hotel Santika. Kenapa saya rekomendasikan untuk memilih Hotel Santika? karena fasilitas Hotel santika sangat bagus kalau tidak percaya saya sebutkan fasilitas-fasilitas yang di berikan Hotel Santika Tasikmalaya kepada anda:


  • 97 well-appointed rooms & suites
  • Restaurant and Roof Top Lounge
  • Ballroom for up to 1,000 persons
  • 3 meeting rooms
  • Separated Adult & Children swimming pool
  • 24 hours room service
  • 24 hours reception
  • Exercise room
  • Free Wi-Fi Internet Access in all hotel area
  • Major credit card accepted
  • Complimentary Parking
  • Safe Deposit in each Guest Rooms
  • Non-smoking floors
  • Connecting rooms
  • Laundry Service
  • Cable TV featuring International and Indonesian program
  • Coffee & Tea making facilities in every rooms
  • Free newspaper
  • Local & International direct dial in rooms


Salah satu kamar di Hotel Santika Tasikmalaya


Dan ini untuk fasilitas ruangan Meeting


Masih kurang? oke saya tunjukin lagi fasilitas-fasilitas Hotel Santika Tasikmalaya atau anda bisa buka Gallery Hotel Santika Tasikmalaya
 









Dan ini Contact US Hotel Santika Tasikmalaya
Hotel Santika Tasikmalaya
Jalan Yudanegara No. 57, Tasikmalaya - West Java
Phone : (62-265) 315777, 329797
Fax : (62-265) 311553
Email : tasikmalaya@santika.com

Website: http://www.santika.com/santika-tasikmalaya/
Facebook: Hotel Santika Tasikmalaya
Twitter: @Santika_tasik

Seginilah yang bisa saya share tentang Bordir Tasikmalaya. Semoga ini bermanfaat buat kalian semua,dan semoga Kota Tasikmalaya lebih maju lagi dalam sektor industrinya Amin.Thank for visiting this blog and CMIIW (Correct Me If I am Wrong) langsung saja laporkan dikomentar

3 comments:

  1. Sudah saatnya para pelajar dan mahasiswa dan ibu rumah tangga belajar bisnis, setidaknya lewat Bisnis Online di Internet. Yang masih bingung, mari belajar bersama kami
    Pembicara Internet Marketing.

    ReplyDelete
  2. kami ingin menciptakan wirausahawan muda baru.. dicari agen se indonesia untuk produk bordir komputer dan perlengkapan sekolah. kunjungi web: www.citrabordirkomputer.com

    ReplyDelete
  3. bisa bagi-bagi info untuk bahan jual online?

    ReplyDelete